Sunday, January 24, 2016

Cara Reset Password PTK yang Lupa

Cara reset password PTK di layanan Simpatika. Jika PTK lupa password, tentu tidak bisa login ke akun Simpatika Individunya.

Lalu apa yang harus dilakukan?

Jika PTK tersebut sebelumnya telah menambahkan email alternatif (dapat login dengan menggunakan email, semisal "namaemail@gmail.com"), reset password dapat dilakukan secara mandiri. Cukup dengan beberapa kali klik, akan bisa merubah password melalui link yang diberikan melalui email.

Kalau belum menambahkan email alternatif?

PTK yang belum menambahkan email alternatif alias loginnya masih menggunakan PegID dan NUPTK, jika lupa password hendaknya melapor ke Kepala Madrasah atau Admin Madrasah. Oleh mereka, password tersebut akan direset dengan menggunakan akun madrasah.

Tapi bagaimana cara dan langkah-langkah Kepala Madrasah atau Operator Madrasah dalam mereset password PTK yang lupa tersebut? Ikuti pembahasan berikut ini.

Cara Reset Password PTK yang Lupa oleh Kepala Madrasah


Dalam layanan Simpatika, Kepala Madrasah otomatis memiliki hak dan kewenangan sebagai Operator Madrasah. Sehingga Kepala madrasah dan Operator Madrasah dapat mengelola Akun Madrasah di layanan Simpatika. Salah satu fungsi Akun Madrasah ini adalah untuk mengelola akun-akun PTK di madrasah tersebut. Termasuk dalam mereset password akun PTK.

Prosedur dan cara mereset password PTK yang lupa, bisa disimak melalui video tutorial simpatika berikut ini.




Jika masih bingung, silakan simak langkah-langkah di bawah ini

  1. Kepala Madrasah atau Operator Madrasah, login ke layanan Simpatika.
    Cara login, baca : Cara Login dan Logout di Layanan Simpatika
  2. Setelah muncul "Dasbor Layanan", pilih layanan "Sekolah".
  3. Pilih (klik) menu secara berurutan : Pendidik & Tenaga Kependidikan >> Direktori PTK >> Daftar Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
  4. Pada halaman Daftar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, muncul daftar semua PTK di madrasah tersebut. Pilih PTK yang akan direset passwordnya. Pada bagian baling kanan klik tanda segitiga terbalik.
  5. Muncul pilihan menu. Pilih (klik) Atur Ulang Password
  6. Muncul Surat Pemberitahuan Reset Password. Di dalam surat tersebut terdapat user ID PTK (PegId atau NUPTK), nama PTK, dan password baru.
  7. Cetak Surat Pemberitahuan Reset Password tersebut dan serahkan kepada PTK yang lupa password tadi. Password yang tertulis di dalam surat dapat langsung digunakan untuk login.

Jagalah Password


Jagalah password Anda sebaik-baiknya. Jaga jangan sampai lupa, karena kalau lupa tentunya tidak bisa login dan harus meminta bantuan untuk direset kembali. Reset kok terus-menerus.

Selain itu, jaga pula kerahasiaan password Anda. Jangan biarkan orang lain mengetahui password Simpatika Anda. Ini untuk menghindari penyalahgunaan akun oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Anda tidak mau kan kalau tiba-tiba ada orang lain yang login ke akun Anda kemudian melakukan ajuan pengunduran diri?

Passwordnya Sulit Diingat


Password yang diberikan oleh sistem biasanya terdiri atas beberapa karakter berupa kombinasi angka dan huruf. Terkadang PTK kesuulitan untuk mengingatnya.

Kalau sulit diingat jadinya cepat lupa, dong.

Jangan khawatir, password tersebut dapat diubah menjadi password yang mudah diingat. Caranya bagaimana?

Caranya gampang. Namun karena artikel ini hanya membahas tentang cara merest password PTK yang lupa, maka cara merubah password agar mudah diingat dan tidak mudah lupa, akan dibahas di lain kesempatan saja.
TULIS KOMENTAR DENGAN MENGGUNAKAN FACEBOOK
Tulis Komentar, klik di Sini

0 comments