Monday, February 1, 2016

Cara Cetak Kartu Simpatika Semester Genap 2015/2016

Cara mencetak Kartu Simpatika atau Kartu GTK periode Semester Genap Tahun pelajaran 2015/2016. Meski sudah dilakukan berulang kali, setiap semester semenjak Tahun pelajaran 2014/2015, namun masih saja banyak yang bertanya-tanya bagaimana cara mencetak kartu bukti keaktifan diri sebagai PTK tersebut.

Baca artikel sebelumnya : Tampilan Kartu Simpatika Per Semester.

Kartu GTK atau Kartu Simpatika (dulu kerap disebut juga sebagai Kartu NUPTK) merupakan salah satu bukti keaktifan diri PTK pada semester tersebut. Kartu yang hanya memiliki masa berlaku selama satu semester ini kerap menjadi persyaratan dalam berbagai program pengembangan PTK, termasuk kesejahteraan guru.

Kartu Simpatika
Kartu Simpatika dari periode ke periode


Syarat Mencetak Kartu Simpatika 2016


Kartu Simpatika dapat dicetak oleh setiap pemilik akun Simpatika, baik yang sudah memiliki NUPTK ataupun sekedar PegID. Baik oleh Pendidik maupun Tenaga Kependidikan.

Syarat untuk dapat mencetak kartu ini hanya satu, yaitu : telah melakukan pengaktifan diri (pengaktifan portofolio) pada periode atau semester tersebut.

Dulu kartu ini baru bisa dicetak setelah riwayat mengajar guru tersebut (dan PTK lainnya) tercatat dalam sistem. Namun semenjak periode verval Simpatika Semester 1 Tahun pelajaran 2015/2016, tahapannya berubah. PTK dapat mencetak kartu terlebih dahulu, meskipun jadwal mengajar mingguan belum disusun.

Syaratnya cuman satu, telah aktif pada semester tersebut.

Tentang bagaimana cara mengaktifkan diri (pengaktifan portofolio) PTK, simak video tutorial berikut ini:


Video Tutorial Cara Mencetak Kartu Simpatika (Kartu GTK) 2016


Setelah melakukan pengaktifan diri, PTK dapat mencetak Kartu GTK melalui akun PTK-nya masing-masing. Caranya, PTK cukup login ke akun PTK di layanan Simpatika.

Jika bingun dengan login Simpatika, baca : Cara Login dan Logut di Layanan Simpatika

Adapun caranya adalah sebagaimana video tutorial berikut ini. Klik tombol play (putar) untuk memulai.



Setelah kartu tercetak, selain dicetak dalam bentuk fisik, jangan lupa untuk menyimpan file Kartu Simpatika tersebut. Siapa tahu dalam semester yang berjalan kartu fisik-nya hilang, masih memiliki file sehingga tidak perlu mencetak Kartu Simpatika berulang kali.
TULIS KOMENTAR DENGAN MENGGUNAKAN FACEBOOK
Tulis Komentar, klik di Sini

0 comments