Tuesday, March 22, 2016

Cara Cetak Ulang Kartu Simpatika Semester yang Lalu

Bisakah kita mencetak kartu Simpatika semester yang lalu atau semester yang sebelumnya? Jawabnya, bisa! Meskipun cara mencetaknya akan sedikit berbeda dengan cara cetak kartu simpatika semester saat ini (yang berjalan).

Tapi baik mencetak kartu Simpatika semester saat ini ataupun mencetak ulang kartu semester yang sebelumnya, sebenarnya sama-sama mudahnya.

Cara Cetak Kartu Simpatika Semester Lalu


Sebagaimana kita ketahui, Kartu Simpatika atau disebut juga sebagai Kartu PTK, dulu disebut juga ebagai Kartu NUPTK atau Kartu GTK, merupakan salah satu bukti keaktifan seorang PTK dalam sebuah semester di layanan Simpatika. Hanya PTK yang telah melakukan pengaktifan diri yang dapat mencetak kartu ini. Kartu ini hanya berlaku selama satu semester.

Karena itu, kerap kali kartu ini dijadikan sebagai salah satu syarat dan kelengkapan berkas administrasi dalam berbagai program pengembangan dan kesejahteraan gutu dan tenaga kependidikan di Kementerian Agama. Salah satunya adalah untuk pemberkasan pencairan Tunjangan Profesi.

Walaupun kartu ini hanya berlaku satu semester, namun kerap kali, dalam prakteknya, Kartu Simpatika semester-semester yang sebelumnya harus ikut disertakan untuk membuktikan keaktifan seorang PTK pada semester yang dimaksud.

Contohnya dalam pemberkasan Tunjangan Profesi Tahun Anggaran 2015 yang baru akan dicairkan tahun ini. Pengajuan berkas pencairan tunjangan ini bisa jadi mensyaratkan foto copy Kartu Simpatika Semester 2 Tahun Pelajaran 2014/2015 dan Kartu Simpatika Semester 1 Tahun Pelajaran 2015/2016. Berarti yang harus dilampirkan adalah Kartu Simpatika dua semester yang telah lalu.

Kalau PTK tersebut masih memiliki arsip, tentu tidak menjadi masalah. Namun jika arsip kartu tersebut telah hilang, apa yang harus dilakukan? Apakah bisa PTK mencetak ulang Kartu Simpatika semester-semester yang lalu?

Sekali lagi, bisa!

Cara Mencetak Ulang Kartu Simpatika Semester Sebelumnya


Untuk mencetak Kartu Simpatika semester yang lalu, sungguh sangat mudah. Sama halnya ketika kita ingin mencetak ulang Jadwal Mengajar pada semester sebelumnya, Kartu tersebut dapat dicetak melalui akun PTK di layanan Simpatika masing-masing PTK.

Sebagaimana pernah diterangkan dalam artikel Tampilan Kartu Simpatika Semester 2 2015/2016 dan Sebelumnya, layanan Simpatika (dulunya Padamu Negeri) telah memiliki 4 semester Kartu Simpatika. Keempatnya terdiri atas:

  1. Kartu Simpatika Periode Semester 1 Tahun pelajaran 2014/2015
  2. Kartu Simpatika Periode Semester 2 Tahun pelajaran 2014/2015
  3. Kartu Simpatika Periode Semester 1 Tahun pelajaran 2015/2016
  4. Kartu Simpatika Periode Semester 2 Tahun pelajaran 2015/2016


Adapun cara untuk mencetak kartu semester sebelumnya tersebut adalah sebagaimana dicontohkan dalam video tutorial Simpatika berikut ini.


Nah, ternyata sangat mudah dan gampang untuk melakukan cetak ulang Kartu Simpatika untuk semester-semester sebelumnya.

Baca Juga:

TULIS KOMENTAR DENGAN MENGGUNAKAN FACEBOOK
Tulis Komentar, klik di Sini

0 comments