Sunday, September 11, 2016

Kasus Verval NRG Pilihan Kode Mapel Tidak Sama dengan Sertifikat

Kasus pilihan kode mata pelajaran yang ditampilkan di Verval NRG tidak sama dengan nama mapel yang tertulis di sertifikat pendidik banyak terjadi. Pada periode Verval NRG yang lalu, kasus ketidakkonsistenan (inkonsistensi) kode mata pelajaran ini telah menjadi penyebab ditolaknya ajuan Verval NRG banyak guru oleh Admin Simpatika Kanwil. Alasan penolakannya, digit ke-7, 8, dan 9 tidak sesuai dengan mata pelajaran yang dipilih.

Karena itu Dirjen Pendis Kementerian Agama RI menerbitkan Surat Edaran Dirjen Pendia Nomor. 3459.A/Dj.I/PP.01.1/08/2016 tanggal 29 Agustus 2016 perihal Penyesuaian Kode Mapel Sertifikasi Guru dan Kewenangan Mengajar pada Madrasah. Oleh Simpatika, surat edaran tersebut diakomodir dengan mengupdate 'Modul Verval NRG'.

Verval NRG Pilihan Kode Mapel Tidak Sama dengan Sertifikat

Pada modul terbaru tersebut, saat seorang PTK melakukan Verval NRG, akan muncul dua kolom isian Mata Pelajaran. Yang pertama adalah mata pelajaran sesuai dengan standardisasi kode mapel sebagai tertulis di Nomor Peserta sertifikasi. Dan yang kedua adalah nama mata pelajaran sebagaimana yang tertulis di Sertifikat Pendidik.

Verval NRG Pilihan Kode Mapel Tidak Sama dengan Sertifikat

Pada kasus di atas, terdapat seorang guru bersertifikat pendidik. Nomor Peserta Sertifikasi peserta tersebut adalah 08031892520175 (digit ke-7, 8, dan 9 adalah 925). Sedangkan nama mata pelajaran yang tertera di sertifikat pendidik adalah Bahasa Arab untuk MTs. Ketika dicroscek dalam fitur 'kode mapel Simpatika', 928 adalah kode mapel untuk "Pengawas Seni dan Budaya SMA/MA", bukan Bahasa Arab. Padahal jelas yang tertulis di Sertifikat Pendidik mapelnya adalah Bahasa Arab.

Gambar Sertifikat Pendidik guru tersebut adalah sebagai berikut:

Verval NRG Pilihan Kode Mapel Tidak Sama dengan Sertifikat

1. Cara Verval NRG Bagi yang Bermasalah Dengan Kode Mapel


Bagaimana cara mengajukan Verval NRG bagi kasus pilihan kode mapel tidak sesuai dengan nama mapel di Sertifikat pendidik? Pun bagaimana bagi yang pada Verval NRG sebelumnya ditolak lantaran digit ke-7, 8, dan 9 pada nomor peserta tidak sesuai dengan nama mapel yang tertulis di sertifikat pendidik, inilah solusinya.

Bagi pemilik sertifikat pendidik dengan kasus seperti di atas, silakan lakukan Verval NRG sebagaimana video tutorial berikut ini.



Pada pilihan Nama Mata Pelajaran,
  • Mata pelajaran sesuai nomor peserta: silakan pilih sesuai pilihan yang tersedia, pilih yang sesuai dengan kode mapel, meskipun nama mapel berbeda.
  • Mata pelajaran sesuai tertulis di piagam sertifikasi: isi sesuai dengan yang tertulis di sertifikat pendidik. Jika tahun yang sesuai (yang tertera di kode) tidak tersedia, silakan pilih tahun sesukanya. Pastikan nama mapel sesuai dengan yang disertifikat, meskipun kode mapelnya tidak sesuai.


2. Bukan Konversi Mata Pelajaran Sertifikasi


Beberapa rekan PTK sempat menanyakan kepada penulis tentang cara melakukan konversi mata pelajaran sertifikasi, apakah caranya dengan menggunakan 'Modul Verval Terbaru' ini?

Mereka adalah guru-guru yang bersertifikat pendidik sebagai guru mapel seperti PAI, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, SBK, atu Bahasa Inggris yang kemudian mendapatkan tugas mengajar sebagai guru kelas (Baca : Guru Bersertikat Mapel Mengajar Guru Kelas, Sudahkah Linier?).

Menilik KMA Nomor 303 Tahun 2016 tentang Konversi Guru pada Jenjang Satuan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, maka guru-guru yang telah memiliki sertifikat pendidik mata pelajaran, dapat mengampu sebagai guru kelas MI.

Namun sebagaimana sub judul di atas, modul dan cara ini bukan untuk mengakomodir Konversi Guru Mapel menjadi Guru Kelas. Apalagi merubah mata pelajaran dalam sertifikasi.

Untuk implementasi KMA Nomor 303 Tahun 2016 kita masih sama-sama menunggu dikeluarkannya aturan teknis yang mengaturnya.

3. Bukan untuk Nomor Peserta yang Kurang dari 14 Digit


Modul atau langkah-langkah Verval NRG di atas juga bukan untuk guru yang memiliki Nomor Peserta Sertifikasi yang tidak terdiri atas 14 digit. Karena untuk kasus Nomor Peserta yang 'aneh' tersebut telah disediakan fitur tersendiri yakni "Pengajuan Nomor Peserta Baru".

Untuk mendapatkan Nomor Peserta Baru tersebut silakan PTK menghubungi Admin kabupaten/Kota masing-masing. Karena yang memiliki akses untuk menerbitkannya adalah Admin Simpatika di tingkat Kabupaten/Kota.

4. Jika Verval NRg Terlanjur Disetujui Kanwil


Nah, kasus lagi adalah Verval NRG yang telah dilakukan jauh-jauh hari sebelum kasus 'inkonsistensi kode mapel' ini merebak. Bisa jadi ajuan Verval NRG tersebut telah disetujui oleh Kanwil dan berstatus permanen.

Untuk kasus ini, PTK yang bersangkutan dapat menghubungi Admin kanwil untuk meminta pembatalan Verval NRG dan melakukan Verval NRG ulang sesuai aturan di atas.

Tidak bisa dipungkiri kasus 'inkonsistensi kode mapel' dalam sertifikat pendidik ini telah menyita banyak energi baik bagi pendidik, operator madrasah, operator Kabupaten/Kota, maupun kanwil. Dengan munculnya solusi ini semoga kasus Verval NRG dengan pilihan kode mapel yang tidak sesuai dengan nama mapel di sertifikat, bisa berangsur-angsur terselesaikan tanpa merugikan para pendidik.
TULIS KOMENTAR DENGAN MENGGUNAKAN FACEBOOK
Tulis Komentar, klik di Sini

0 comments