Tuesday, September 20, 2016

Modul Pengelolaan Siswa dan Rombel Simpatika Sedang Error

Sejak pagi (Selasa, 20/11/2016) banyak yang menghubungi Admin Simpatika Pati, baik lewat Fans Fage FB Simpatika Pati, Messenger FB, maupun media sosial lainnya, terkait kendala yang dihadapi Operator Simpatika terkait modul Pengelolan Siswa dan Rombongan Belajar (Rombel) di layanan Simpatika. Semula ini hanya ingin kami post di Fans Fage FB, namun karena kelihatannya rada panjang sehingga akhirnya menjadi sebuah postingan di blog ini.

Kendala yang dihadapi adalah terkait pengelolaan siswa dan rombel. Banyak Operator Simpatika di tingkat Madrasah yang melaporkan masalah yang serupa.

Pengelolaan Siswa dan Rombel Simpatika Sedang Error

Berikut adalah contoh beberapa komentar tersebut:



Itulah beberapa komentar dan pertanyaan rekan-rekan Operator Madrasah terkait dengan tidak normalnya modul pengelolaan siswa dan kelas di Simpatika.

Sehari sebelumnya, juga muncul kendala yang agak mirip terkait dengan pengisian Jadwal Mengajar, penambahan mata pelajaran, dan penambahan rombel baru.



Simpatika Sedang Masuk Angin


Meski tidak ada pemberitahuan resmi dari Admin Simpatika Pusat, bisa dipastikan bahwa beberapa hari terkahir memang terjadi gangguan sistem di layanan Simpatika. Utamanya terkait dengan mata pelajaran, kelas, rombongan belajar dan siswa.

Apa penyebabnya?

Kendala ini dimungkinkan Tim Teknis sedang melakukan perbaikan sistem. Karena semenjak Modul Keaktifan Kolektif (Cetak S25) diaktifkan, sering kali sistem mendeteksi adanya 'jumlah rombel yang melebihi jumlah siswa'. Selengkapnya bisa dibaca di artikel : Solusi Tidak Bisa Cetak S25 Karena Alokasi JTM Merah

Sistem kemudian memunculkan kotak peringatan berwarna merah di atas tombol Ajuan Keaktifan Kolektif (Cetak S25). Dan dengan munculnya kotak merah tersebut, S25 tidak dapat dicetak.

Dalam beberapa kasus, peringatan tersebut muncul karena "Daftar Siswa yang telah Diupload" belum di masukkan ke "Rombel" masing-masing. Atau bahkan, belum melakukan "Upload Siswa".

Namun dalam banyak kasus, siswa telah diupload dan telah dimasukkan ke dalam rombel masing-masing tetapi sistem tetap memunculkan notifikasi "Jumlah Rombel Anda melebihi jumlah siswa". Admin Simpatika Pati sendiri tidak kurang telah melaporkan 5 madrasah yang mengalami kasus semacam itu langsung ke Admin Simpatika Pusat. Meskipun sampai saat ini belum mendapatkan jawaban.

Karena itu bisa ditarik kesimpulan bahwa beberapa hari terakhir, modul Keaktifan Kolektif, Siswa, dan Rombongan Belajar tengah bermasalah.

Menyikapi hal tersebut, Operator tidak perlu panik. Jika memang Simpatika sedang 'masuk angin' ya, ditunggu saja sambil ngopi.

Semoga segera teratasi.

TULIS KOMENTAR DENGAN MENGGUNAKAN FACEBOOK
Tulis Komentar, klik di Sini

0 comments