Thursday, September 22, 2016

Sudah Upload Siswa Tapi Tidak Masuk Sampai Berhari-hari

Saat upload siswa secara kolektif (menggunakan excel) dilayanan Simpatika, biasanya muncul pemberitahuan untuk menunggu maksimal selama 1 x 24 jam. Biasanya tanpa menunggu hitungan menit, begitu di-refresh, data siswa yang diupload sudah masuk ke daftar siswa. Namun dalam beberapa kasus tidak.

Bahkan telah ditunggu hingga lebih dari sehari semalam pun, data siswa masih tetap kosong. Hingga berhari-hari, siswa yang di-upload tidak juga kunjung masuk ke dalam daftar siswa.

Upload Siswa Tapi Tidak Masuk

Baca juga: 6 Pengelolaan Siswa di Simpatika (Mengaktifkan, Naik Kelas, Tambah, Rombel)

Padahal sudah muncul pemberitahuan bahwa 'Data Siswa Berhasil Dikirim Dalam Antrian', seperti gambar berikut ini.

Unggah siswa tidak masuk

Sudah berhasil mengunggah tapi ditunggu hingga berhari-hari kok daftar siswanya tidak masuk juga?

Berhasil Terkirim tetapi Belum Tentu Berhasil Disimpan Sistem


Yang harus dipahami dan digarisbawahi, notifikasi seperti gambar diatas tersebut belum menjamin bahwa data siswa yang diunggah berhasil dimasukkan (disimpan) ke dalam sistem. Belum menjamin bahwa tidak terdapat kesalahan data siswa tersebut.

Dengan kata lain, pesan tersebut hanya menyampaikan bahwa data siswa yang diunggah "BERHASIL DIKIRIM" tetapi "BELUM TENTU BERHASIL DISIMPAN" dan dimasukkan ke dalam sistem.

Karena unggahan tersebut sejatinya masih dalam antrian untuk diproses dan diteliti oleh sistem. Jika ternyata tidak ada kesalahan, data akan langsung dimuat di daftar siswa. Namun jika terdapat kesalahan, data tidak akan muncul.

Silakan perhatikan dan pahami kalimat yang berwarna merah "Silakan kembali dalam beberapa menit lagi (maksimal 1x24 jam) dengan klik tombol Unggah untuk melihat hasil prosesnya".

1. Data Berhasil Disimpan


Jika setelah beberapa menit (atau maksimal 1 x 24 jam) ketika operator membuka daftar siswa, data siswa yang diunggah tadi sudah masuk ke dalam daftar siswa berarti data tersebut sudah benar dan dapat diterima sistem.

Dalam kondisi seperti ini (data berhasil disimpan oleh sistem), ketika tombol unggah (tanda panah ke atas) diklik kembali akan muncul pemberitahuan bahwa "Data berhasil disimpan" (lihat bagian yang diberi kotak merah pada gambar berikut ini.

Unggah data Siswa Berhasil

2. Data Dalam Antrian


Jika dalam beberapa menit, ketika operator membuka daftar siswa dan mendapati masih kosong, atau data yang sebelumnya diunggah belum masuk juga ada kemungkinan unggahan tersebut masih dalam antrian.

Untuk memastikannya, silakan klik kembali tanda panah ke atas (tombol unggah). Akan muncul pemberitahuan seperti gambar berikut ini.

Unggah Siswa dalam antrian

Perhatikan bagian yang kami beri kotak merah. Disebutkan bahwa 'File yang Anda unggah masih dalam antrian, silakan cek kembali beberapa saat lagi'.

3. Data Gagal Disimpan

Jika dalam beberapa menit (atau bahkan lebih dari satu hari), daftar siswa masih kosong juga, selain dimungkinkan masih dalam antrian, bisa jadi juga data gagal disimpan oleh sistem. Gagal disimpan ini tentu dengan berbagai alasan.

Untuk mengecek apakah data unggahan tersebut masih dalam antrian atau gagal disimpan (beserta alasannya), caranya sama dengan yang diatas.

Pertama klik tanda panah ke atas (tombol upload). Setelah itu akan muncul pemberitahuan seperti gambar di bawah ini.


Di bagian yang kami beri kotak merah, disebutkan:

  • Jumlah kesalahan data
  • Alasan data gagal disimpan
Untuk melihat jenis kesalahan dan bagian-bagain data yang salah, silakan download file data siswa dengan cara mengklik tombol "Unduh File + Petunjuk Kesalahan" (lihat bagian dengan panah bernomor 2).

Di dalam file excel hasil download tersebut, bagian-bagian data yang salah akan diblok dengan warna merah. dan di pojok kanan atas akan muncul alasan dan petunjuk kesalahan tersebut. Silakan perbaiki bagian-bagian yang berwarna merah kemudian simpan dan upload ulang.

Lebih Sehari Unggah Siswa Belum Masuk


Nah, dari penjelasan di atas dapat disimpulkan, jika sampai lebih dari satu hari (atau bahkan berhari-hari), data siswa yang diunggah belum juga masuk ke dalam daftar siswa, bisa dipastikan UNGGAHAN GAGAL DISIMPAN atau DITOLAK SISTEM.


Sehingga jika sudah lebih dari sehari kok upload siswa belum masuk dan daftar siswa masih kosong, silakan ikuti langkah-langkah sebagaimana dijelaskan di sub-bagian nomor tiga artikel ini.
TULIS KOMENTAR DENGAN MENGGUNAKAN FACEBOOK
Tulis Komentar, klik di Sini

0 comments